MATERI RUANG LINGKUP BIOLOGI (KELAS X)
Ruang Lingkup Biologi
1.
Pengertian Biologi
Biologi berasal
dari bahasa Yunani, Bios = hidup, dan logos = ilmu, jadi biologi merupakan ilmu
yang mempelajari tentang makhluk hidup (manusia, hewan, tumbuhan dan
mikroorganisme).
2.
Cabang-cabang ilmu
biologi
Ilmu biologi sangat luas, untuk memudahkan
mempelajarinya biologi dikelompokan menjadi berbagai cabang ilmu, yaitu :
a.
Biologi Molekuler :
merupakan cabang biologi yang mengkaji tentang zat-zat partikel terkecil
b.
Biokimia : mengkaji
tentang reaki kimia dalam sistem kehidupan
c.
Genetika : mengkaji
tentang gen atau cara pewarisan sifat makhluk hidup
d.
Sitologi : mengkahi
tentang sel
e.
Histologi :
mengkaji tentang jaringan
f.
Morfologi :
mengkaji tentang struktur luar tubuh makhluk hidup
g.
Anatomi : mengkaji srtuktur internal organism
h.
Biologi
perkembangan : mengkaji pertumbuhan dan perkembangan organism
i.
Biogeografi :
mengkaji penyebaran makhluk hidup di bumi
j.
Ekologi : mengkaji
tentang hubungan interaksi antara makhluk hidup dengan lingkungannya
k.
Taksonomi :
mengkaji tentang pengelompokan organisme berdasarkan persamaan dan perbedaan
l.
Virologi : mengkaji
tentang virus
m.
Bakteriologi :
mengkaji tentang bakteri
n.
Botani : mengkaji
tentang tumbuhan
o.
Zoologi : mengkaji
tentang hewan
p.
Embriologi : mengkaji
tentang perkembangan embrio
q.
Fisiologi :
mengkaji tentang fungsi-fungsi yang terjadi pada kehidupan organism
r.
Biotekhnologi : mengkaji tekhnologi yang
memenfaatkan organism
s.
Paleontologi :
mengkaji tentang perkembangan sejarah kehidupan berdasarkan catatan fosil
t.
Ornitologi ; adalah
ilmu yang mengkaji tentang burung dan lain-lain.
3.
Cabang ilmu biologi
tersebut, dapat dikelompokan lagi berdasarkan :
a.
Berdasarkan Tingkat
organisasai kehidupan dari yang terkecil hingga tertinggi
( molekul, sel, jaringan, organ, sistem organ, organisme,
populasi, komunitas, ekosistem, bioma).
Contoh cabang ilmunya adalah biologi molekuler, citologi,
histologi, anatomi dan fisiologi, boplogi perkembangan, beogeografi, ekologi
b.
Berdasarkan
kehidupan pada kelompok organisme, contoh cabang ilmunya adalah
taksonomi,virologi, baktriologi, mikologi, botani dan zoology
c.
Berdasarkan aspek
kehidupan, cabang ilmunya adalah Biologi perkembangan, anatomi, fisiologi,
embriologi
d.
Berdasarkan
kelompok ilmu campuran dan terapan, yaitu biokimia,biofisika, biotekhnologi
4.
Objek dan
permasalahan Biologi
adalah kehidupan organisme
pada berbagai tingkat struktur dari yang terendah hingga tertinggi , yaitu :
(molekul, sel, jaringan, organ, sistem organ, organisme, populasi, komunitas,
ekosistem, bioma).
a.
Molekul adalah :zat
kimia murni yang terdiri dari beberapa unsur yang dapat dipecah-pecah lagi
menjadi unsur pembentuknya, contoh H20, adalah senyawa yang terdiri dari 2 atom
Hidrogen untuk setiap atom Oksigen
b.
Sel adalah unit
terkecil dan fungsional penyusun tubuh makhluk hidup
c.
Jaringan adalah
sekumpulan sel yang memiliki bentuk dan fungsi yang sama
d.
Organ adalah
kumpulan dari jaringan-jaringan yang saling bekerja sama membentuk fungsi di
dalam tubuh. contoh mata, hidung, jantung, ginjal, otak dll
e.
Sistem organ adalah
kumpulan dari beberapa organ yang saling bekerja sama membentuk fungsi yang
lebih luas di dalam tubuh. Contohnya sistem pencernaan, sistem pernafasan,
peredaran darah. gerak, eksresi, sekresi, sistem koordinasi dll
f.
Organisme adalah
makhluk hidup tunggal atau individu yang merupakan kumpulan dari seluruh sistem
organ yg saling bekerjasama menjalankan fungsi kehidupan
g.
Populasi adalah
kumpulan individu sejenis yg tinggal di suatu tempat
h.
Komunitas adalah
kumpulan dari beberapa populasi yang saling berinteraksi di suatu habitat
tertentu
i.
Ekosistem adalah
kesatuan komunitas dengan lingkungan hidupnya yg membentuk hubungan interaksi
atau saling ketergantungan. Contohnya ekosistem perairan dan ekosistem daratan
j.
Bioma
: Bagian terkecil dari ekosistem di daratan. Contohnya bioma hutan hujan
tropis, bioma gurun dll
k.
Biosfer
: tempat makhluk hidup tinggal dan melangsungkan hidupnya yaitu di bumi.
5. Manfaat
Biologi :
Biologi telah banyak memberikan manfaat atau sumbangan terhadap kemajuan tekhnologi, seperti di bidang pertanian, peternakan, kedokteran dan industri.
Biologi telah banyak memberikan manfaat atau sumbangan terhadap kemajuan tekhnologi, seperti di bidang pertanian, peternakan, kedokteran dan industri.
a. Manfaat
biologi di bidang pertanian :
· Ditemukannya
tekhnik kultur jaringan, yaitu tehknik membudidayakan tanaman dalam waktu yang
singkat dan jumlah yang banyak
· Ditemukannya
berbagai jenis tanaman/ bibit unggul,
· Tekhnik
rekayasa genetika berhasil menciptakan buah semangka , pepaya, jeruk, dan
anggur tanpa biji
b. Manfaat
biologi di bidang peternakan :
· Tekhnik
inseminasi buatan ( kawin suntik), telah berhasil menciptakan berbagai hewan
ternak unggul
c.
Manfaat biologi di bidang kedokteran :
· Tekhnik
bayi tabung, Tranplantasi organ, penemuan berbagai jenis vaksin, dan
obat-obatan
d. Manfaat
biologi di bidang industri
· Pemanfaatan
mikroorganisme pada industri makanan, contoh nata de coco,yoghurt, kecap,
tempe, keju dll
· Pemanfaatan
mikroorganisme untuk obat-obatan, misalnya antibiotic
6.
Metode
Ilmiah
Metode ilmiah adalah suatu cara yang ditempuh oleh ilmuwan untuk memecahkan masalah yang dihadapi, atau suatu cara mmemperoleh pengetahuan melalui percobaan
Langkah-langkah metode ilmiah adalah :
Metode ilmiah adalah suatu cara yang ditempuh oleh ilmuwan untuk memecahkan masalah yang dihadapi, atau suatu cara mmemperoleh pengetahuan melalui percobaan
Langkah-langkah metode ilmiah adalah :
a.
Perumusan
masalah
Merupakan langkah awal dimulainya suatu
penelitian. Percobaan dimulai dengan suatu pertanyaan, setelah itu mencoba untuk menjawab pertanyaan
tersebut dengan melakukan percobaan.
b. Mengajukan hipotesis
c. Melakukan percobaan
Hipotesis yaitu jawaban sementara terhadap
rumusan masalah. Jawaban sementara harus diselidiki dengan melakukan eksperimen
d. Melakukan percobaan.
Melakukan percobaan dengan cara membuat
rancangan penelitian,yaitu berbagai hal yang harus diperhatikan sebelum, selama
dan setelah penelitian , yang meliputi jenis penelitian, (deskriptif,
eksperimen), variabel penelitian (variabel bebas, terikat dan variabel
kontrol), persiapan alat, bahan, tempat dan waktu penelitian, tekhnik
pengumpulan data (data kwalitatif , kwantitatif), serta melakukan tekhnik
pengolahan data (tabel, bagan dll). Variabel adalah ciri obyek yang
nilainya beragam. Ada 2 jenis variabel,
yaitu variabel bebas dan variabel terikat. Variabel
bebas (indevendent variable), merupakan variabel yang diubah, sedangkan
variabel terikat (devendent variable) merupakan variabel yang berubah,
tergantung perubahan variabel bebas. Pada
percobaan biologi, biasanya terdapat dua kelompok perlakukan, yaitu kelompok
yang diberi perlakuan dan kelompok kontrol (tidak diberi perlakuan)
e. Menarik kesimpulan
Menarik kesimpulan, yang berisi hasil percobaan yang dilakukan, apakah dapat menjawab dari dugaan sementara/ hipotesis yang telah dibuat.
Menarik kesimpulan, yang berisi hasil percobaan yang dilakukan, apakah dapat menjawab dari dugaan sementara/ hipotesis yang telah dibuat.
7. Contoh Metode Ilmiah :
a. Judul Penelitian :
PENGARUH
INTENSITAS CAHAYA TERHADAP PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN KACANG HIJAU
b. Rumusan masalah :
Adakah
pengaruh cahaya terhadap pertumbuhan kacang hijau?
Bagaimana pengaruh cahaya terhadap pertumbuhan dan perkembangan kacang hijau?
Bagaimana pengaruh cahaya terhadap pertumbuhan dan perkembangan kacang hijau?
c. Mengajukan hipotesis :
Cahaya dapat mempengaruhi petumbuhan dan perkembangan tanaman.
Biji kacang hijau yang berada di lingkungan yang intensitas cahayanya berbeda, akan menghasilkan tinggi yang berbeda.
Cahaya dapat mempengaruhi petumbuhan dan perkembangan tanaman.
Biji kacang hijau yang berada di lingkungan yang intensitas cahayanya berbeda, akan menghasilkan tinggi yang berbeda.
Tumbuhan
ditempat gelap akan lebih cepat tinggi, dari pada di tempat terang.
d. Melakukan Percobaan :
a) Jenis penelitian eksperimen.
b) Variabel bebas adalah cahaya
matahari, variabel terikat adalah morfologi kacang hijau, dan variabel
terkendali adalah polibek, tanah, biji kacang hijau dan penyiraman.
c) Cara kerjanya adalah menanam
biji kacang hijau pada dua polibek dengan kwalitas tanah yang sama, kemudian
polibek ditempatkan pada dua tempat yang berbeda, polibek A di tempat terang
dan polibek b di tempat gelap (ditutup dengan kardus supaya tidak terkena
cahaya), lakukan penyiraman setiap hari, dan amati pertumbuhan yang terjadi.
d) Data hasil pengamatan
menunjukan bahwa terdapat perbedaan pertumbuhan dan perkembangan ditempat yang
terkena cahaya dan yang tidak terkena cahaya, hal ini menunjukan bahwa cahaya
mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan kacang hijau.
e) Menarik kesimpulan :
Hasil penelitian menunjukan cahaya dapat mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan tanaman. Biji kacang hijau yang terkena cahaya matahari langsung pertumbuhannya lebih lambat, daun lebar dan tebal, berwarna hijau,batang tagak kokoh. Sedangkan yang tidak terkena matahari (gelap), pertumbuhan lebih cepat tinggi (etiolasi), daunnya tipis, berwarna pucat, batang melengkung tidak kokoh, ini terjadi karena cahaya dapat menghambat pertumbuhan hormon auksin.
Jadi hipotesis adalah benar.
Hasil penelitian menunjukan cahaya dapat mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan tanaman. Biji kacang hijau yang terkena cahaya matahari langsung pertumbuhannya lebih lambat, daun lebar dan tebal, berwarna hijau,batang tagak kokoh. Sedangkan yang tidak terkena matahari (gelap), pertumbuhan lebih cepat tinggi (etiolasi), daunnya tipis, berwarna pucat, batang melengkung tidak kokoh, ini terjadi karena cahaya dapat menghambat pertumbuhan hormon auksin.
Jadi hipotesis adalah benar.
8. Sikap Ilmiah :
Seorang ilmuan juga harus memiliki sikap ilmiah, yaitu :
Seorang ilmuan juga harus memiliki sikap ilmiah, yaitu :
·
Rasa
ingin tahu
·
Jujur
·
Terbuka
·
Objektif
·
Berpikir
secara terbuka
·
Memiliki
kepedulian
·
Teliti
·
Tekun
·
Berani
·
Santun
Comments
Post a Comment